-->

Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Gak Pak

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Survei Indikator: 47,6% Masyarakat Khawatirkan Dinasti Politik di Indonesia

Friday, October 27, 2023 | October 27, 2023 WIB | 0 Views

Survei Indikator
 

Isu dinasti politik kembali mencuat usai putra sulung Presiden Joko Widodo atau JokowiGibran Rakabuming Raka memutuskan maju sebagai cawapres. Ternyata tidak sedikit masyarakat yang kemudian khawatir dengan adanya dinasti politik.

Hal tersebut terungkap melalui hasil survei Indikator. Sebanyak 2.567 responden diberikan pertanyaan "Secara umum bagaimana Ibu/Bapak menilai politik dinasti di Indonesia, apakah sangat mengkhawatirkan, cukup mengkhawatirkan, biasa saja, tidak begitu mengkhawatirkan atau tidak mengkhawatirkan sama sekali?".

Hasilnya, sebanyak 14,6 persen memilih sangat mengkhawatirkan dan 33 persen mengaku cukup mengkhawatirkan.

"Sekitar 47,6 persen responden (mengaku) cukup atau sangat mengkhawatirkan terkait kondisi politik dinasti di Indonesia," demikian yang disampaikan Indikator melalui rilisnya dikutip Suara.com, Jumat (27/10/2023).

Survei Indikator

Sementara itu, sebanyak 33,7 persen mengaku biasa saja, 5,9 persen tidak begitu mengkhawatirkan dan 1,6 persen tidak mengkhawatirkan sama sekali.

Menurut Indikator, kekhawatiran terhadap politik dinasti berpotensi mempengaruhi pilihan. Basis Ganjar dan Prabowo lebih tinggi pada kelompok yang cenderung biasa saja atau tidak khawatir dengan politik dinasti.

Sebaliknya, basis Anies lebih tinggi pada warga yang khawatir dengan politik dinasti.

Survei dilakukan pada 16 hingga 20 Oktober 2023. Sebanyak 2.567 orang dilibatkan dalam pengambilan survei.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Adapun toleransi kesalahan survei ini kurang lebih 1,97 persen dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Copas dari https://www.suara.com/kotaksuara/2023/10/27/072550/survei-indikator-476-masyarakat-khawatirkan-dinasti-politik-di-indonesia

No comments:

Post a Comment

Yang Sopan yang Sesuai dengan UU ITE

×
Berita Terbaru Update